Sabtu, Mei 14, 2011

Makna Sebuah Kegagalan

Kegagalan bukan akhir dari suatu perjalanan
Karena ia hanya sebatas ujian dalam kehidupan
Kerinduan akan kebahagiaan selalu didapatkan
Bagi seorang yg berfikir bahwa hidup adalah ujian

Kegagalan…. sebuah kata yang kita tidak ingin mengalami, tapi seringkali datang menghampiri. Sebuah kata yang tidak ingin kita temui, tapi sering kali kita hadapi di akhir jalan yang dilalui. Keberadaannya bagaikan seorang anak yang tidak diinginkan kelahirannya.

Berbagai wajah menampakkan kegagalan. target yang tidak tercapai, keinginan yang tidak terlaksana, atau doa yang tak kunjung dikabulkan. Dilihat dari sudut pandang fakta, kegagalan memang pahit terasa bahkan mungkin menyakitkan. Bagaikan Brotowali yang semakin dikunyah semakin pahit terasa di indera pengecap kita. Betapa keringat yang telah keluar, pikiran yang telah terperas, waktu yang telah terkorbankan, segenap usaha yang runtuh tak menghasilkan. Semua itu jelas bukan sesuatu yang langsung bisa dipersepsikan sebagai sebuah keberhasilan yang tertunda dimana seseorang bisa tersenyum saat melihat kemunculannya.



Simak video ini dahulu





“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui” (QS Al baqarah : 216)

Apa arti keberhasilan tanpa kegagalan


“Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan” (QS Al insyiroh :6)

Kata "Berhasil dan Gagal" diibaratkan sebagai makanan pokok manusia. Kata tersebut yang mencetuskan peribahasa "sudah banyak makan garam" yaitu sebutan bagi orang yang telah berpengalaman menjalani hidupnya. Kegagalan adalah proses berkali-kali menuju keberhasilan. Thomas Edison tak luput dari kegagalan dibalik keberhasilannya dalam menemukan lampu. Orang yang sukses adalah orang yang mau berubah karena orang yang sukses bersedia berkorban jiwa dan raga untuk menemukan seribu cara untuk tidak gagal. Kegagalan yang tidak boleh terulang untuk yang kesekian kalinya. Mereka memiliki tekad yang gigih untuk meraih apa yang diinginkan mereka. Seperti pepatah mengatakan bahwa berakit rakitlah ke hulu, berenang kemudian yang berarti bersakit sakit dahulu, bersenang senang kemudian. Peribahasa itulah yang cocok untuk istilah Gagal dan Sukses.

Kata yang sering membuat penulis termotivasi kembali adalah “Do it repeatly” yang sering diucap berkali kali. Penulis tak pernah melihat buah, buah ibarat bonus bagi penulis. Hal terpenting adalah proses menuju kesuksesan. Jangan pernah berhenti pada kegagalan yang ke-1000 kalinya, karena yang ke-1001 kalinya adalah kesuksesan anda. Jika anda berhenti, maka anda akan menyesal selama lamanya. Itulah yang disebut dengan fokus pada mimpi indah, tujuan hidup atau impian anda sendiri. Jangan pernah menyesali apa yang tidak ada pada diri terlebihapa apa yang tidak tercatat pada rincian mimpi anda. Dan jangan meremehkan satu atau dua langkah anda, karena tanpa satu atau dua langkah, takkan pernah ada seribu langkah anda.

Syukurilah apa yang ada, karena hidup adalah anugrah terindah dari Tuhan. Anda harus yakin bahwa apapun yang diberikan Tuhan. pada kita adalah yang terbaik bagi kita semua. Anda tidak akan pernah menyadari bahwa yang tadinya ulat berbulu, kini menjadi kupu kupu indah yang terbang leluasa. Anda juga tidak pernah menyadari bahwa kaktus dan pohon mawar yang awalnya berduri kini mengembang bunganya. Bunga yang indah yang dihinggapi kupu kupu cantik. Itulah makna dari sebuah kegagalan dan kesuksesan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar