Senin, Mei 09, 2011

Mencegah Pemanasan Global


pemanasan global adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi. Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir

Penyebab Pemanasan global 
salah satunya adalah
Efek Rumah Kaca.
Segala sumber energi yang terdapat di Bumi berasal dari Matahari. Sebagian besar energi tersebut berbentuk radiasi gelombang pendek, termasuk cahaya tampak. Ketika energi ini tiba permukaan Bumi, ia berubah dari cahaya menjadi panas yang menghangatkan Bumi. Permukaan Bumi, akan menyerap sebagian panas dan memantulkan kembali sisanya. Sebagian dari panas ini berwujud radiasi infra merah gelombang panjang ke angkasa luar. Namun sebagian panas tetap terperangkap di atmosfer bumi akibat menumpuknya jumlah gas rumah kaca antara lain uap air, karbon dioksida, dan metana yang menjadi perangkap gelombang radiasi ini.
Gas-gas ini menyerap dan memantulkan kembali radiasi gelombang yang dipancarkan Bumi dan akibatnya panas tersebut akan tersimpan di permukaan Bumi. Keadaan ini terjadi terus menerus sehingga mengakibatkan suhu rata-rata tahunan bumi terus meningkat.

Mencegah pemanasan global

Banyak cara untuk mencegah pemanasan global yaitu:
1. Melakukan Reboisasi. Reboisasi adalah penanaman kembali hutan yang telah ditebang (tandus, gundul). Reboisasi berguna untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia dengan menyerap polusi dan debu dari udara, membangun kembali habitat dan ekosistem alam, mencegah pemanasan global dengan menangkap karbon dioksida dari udara.
2. Tidak Membuang, Membakar Sampah Sembarangan. Hal kecil ini bisa mencegah pemanasan global. Sedikit usaha kita pasti akan mencegah pemanasan global
3. Manfaatkan panas bumi, energi yang dihasilkan oleh alam. Misalnya dalam gedung usahakan seminimal mungkin menggunakan cahaya buatan, dengan arsitektur yang telah dikembangkan dapat digunakan cahaya matahari untuk menerangi ruangan. Disamping itu untuk pemanas atau pendingin ruangan dapat juga memanfaatkan air dengan metode tertentu yang dapat menghangatkan atau mendinginkan ruangan.
4. keringkan pakaian dengan cara menjemur, tidak menggunakan mesin cuci atau alat pengering yang akan melepas co2 lebih banyak ke udara dan akan mencegah pemanasan global.

2 komentar :

  1. Dari pada reboisasi mending tangkap para pengrusak yaitu perusahaan perusahaan kayu yg braktifitas.

    BalasHapus
  2. Artikelnya bermanfaat kak, ini saya juga punya artikel tentang Cara Mengatasi Pemanasan Global, semoga dpt saling melengkapi

    10 Cara Efektif Mengatasi Pemanasan Global

    BalasHapus