Kamis, Agustus 01, 2013

Mengapa Banyak Batu Kerikil di Rel Kereta Api?


Bagi kamu yang biasa mudik (pulang kampung) atau traveling naik kereta pasti sudah pada sangat tidak asing lagi dengan kerikil yang selalu ada pada lintasan dikereta api, Namun apakah kalian tahu apa sebenarnya fungsi kerikil yang ada pada jalur kereta ? kerikil sendiri berperan penting dalam keselamatan dan kelancaran transportasi kereta api. Berikut fungsi - fungsi kerikil itu sendiri :


1. Fungsi batu kerikil pada rel kereta api adalah sebagai bantalan pemberat. Dengan adanya lapisan batu kerikil ini rel dapat tetap berdiri dengan stabil. Sehingga kereta api yang berjalan di atasnya pun dapat berjalan dengan baik.

2. Batu kerikil ini juga berfungsi untuk menyerap getaran (shock absorber) yang terjadi ketika kereta api tengah lewat. Sehingga goncangan yang terjadi ketika kereta api melintas dapat dikurangi. Dan rel kereta api pun tidak cepat rusak dan dapat digunakan untuk waktu yang lama.

3. Fungsi berikutnya yaitu untuk menahan dan memperlancar aliran air di saat hujan. Fungsi ini berperan untuk mencegah terjadinya pengikisan tanah atau erosi pada tanah di sekitar rel kereta api.

4. Dan yang terakhir, batu kerikil juga berfungsi untuk menghambat tumbuhnya rerumputan di sekitar rel. Tumbuhnya rerumputan di sekitar rel dapat dapat secara langsung maupun tidak langsung menyebabkan penggemburan tanah di bawahnya. Hal ini tentunya dapat membahayakan karena jika tanah di bawah rel tidak stabil maka akan dapat membahayakan perjalanan kereta api.

Namun, ada posisi-posisi tertentu tidak perlu batu kerikil, seperti rel kereta api yang terdapat di atas jembatan atau jalan raya. Hal ini terjadi karena semua fungsi dari batu kerikil tadi sudah diambil alih fungsinya oleh mekanisme lain.

Jembatan sudah dirancang khusus sedemikian rupa supaya dapat menahan getaran yang akan terjadi yang dihasilkan ketika kereta melintas. Demikian pun dengan rel kereta yang terdapat pada jalan raya, jalan aspal telah menggantikan peranan batu kerikil dengan baik. Sehingga pada tempat-tempat tersebut, tidak diperlukan lagi batu kerikil untuk diletakkan di bawah rel kereta api.

33 komentar :

  1. ooo ternyata seperti itu ya gan, aku kira kerikil cuma buat pajangan doang hihi

    BalasHapus
  2. og begitu batu kerikil ternyata sangat di butuhkan oleh kereta makaish banyak atas infonya

    BalasHapus
  3. disitus ini kami temukan banyak pelajaran baru, trimakasih sudah berbagi ..

    BalasHapus
  4. kunjungan pagi makasih infonya menambah wawasan saya tentang banyak hal

    BalasHapus
  5. Terimakasih Atas Informasi yang telah di sajikan semoga bisa bermanfaat untuk semuanya ,.. aminn

    BalasHapus
  6. Terima Kasih Banyak Atas Informasinya Memang Sangat Bermanfaat
    Sukses Selalu yah .

    BalasHapus
  7. makasih admin informasi dan beritanya sangat berguna dan bermanfaat untuk pembaca ...

    BalasHapus
  8. Infonya menarik dan websitenya juga bagus. salam buat adminya ...

    BalasHapus
  9. makasih infonya keren dan sungguh bermanfaat sekali

    BalasHapus
  10. ulasan artikelnya menambah wawasan saya makasih

    BalasHapus
  11. ternyata batu kerikil sangat penting peranannya buat kereta

    BalasHapus
  12. ndak pernah lihat sepur, cuman lihat gambar doang, maklum anak pulau

    BalasHapus
  13. makasih telah berbagi infonya yang bermanfaat

    BalasHapus
  14. I really appreciate your professional approach. These are pieces of very useful information that will be of great use for me in future.

    BalasHapus